3 Asupan Pokok Harian yang Berpotensi Menjadi Sumber Nutrisi dan Vitamin Bagi Kucing Anda

Kucing yang sehat adalah yang lincah dan memiliki nafsu makan yang normal. Bahkan, jika memberinya nutrisi yang tepat sekaligus memberinya tambahan vitamin kucing, maka bukan hanya sehat, kucing kesayangan Anda pun bisa memiliki tampilan fisik yang cantik dengan kulit sehat dan bulu yang lebat.

Oleh karena itu, Anda juga perlu tahu nutrisi penting apa saja yang diperlukan kucing agar bisa tumbuh dengan baik. Selanjutnya, jadikan nutrisi tersebut sebagai asupan pokok yang Anda berikan tiap hari. Tidak perlu berpanjang kata lagi, yuk, langung saja kita simak ulasan 3 sumber nutrisi untuk kucing.

Nutrisi Kucing

1. Daging Merah

Sumber nutrisi kucing yang pertama yaitu daging segar yang bisa Anda peroleh dari daging ikan, sapi, atau ayam. Untuk kucing tertentu, seperti kucing Persia, daging kelinci juga bisa meningkatkan nafsu makannya. Ketiganya merupakan sumber protein hewani yang cocok untuk pencernaan kucing.

Anda bisa memberikannya dalam keadaan masih mentah maupun yang sudah digoreng, karena aromanya tetap membuat nafsu makan mereka meningkat. Kalaupun Anda ingin memberinya daging yang dimasak, sebaiknya hindari penggunaan bawang merah dan putih berlebih karena kedua bumbu dapur ini berbahaya bagi tubuh kucing.

Daging mengandung nutrisi penting untuk kucing seperti karbohidrat, lemak, protein, fosfor serta kalsium. Ketiganya membantu menjaga kualitas tumbuh kembang kucing sehingga menjadi lebih baik. Mineral kalsium dan fosfor membuat tulang dan gigi kucing sehat dan kuat, Sedangkan Omega 3, 6, dan 9 membuat bulu kucing indah dan tidak mudah rontok.

2. Telur

Nutrisi yang paling banyak dikandung telur adalah protein. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk memberinya kuning telur, maksimal 3 kali setiap pekannya. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dalam kuning telur tidak baik jika terlalu banyak dikonsumsi kucing kesayangan Anda.

Sedangkan untuk putih telurnya, bisa Anda pisahkan untuk digoreng maupun campuran adonan kue. Putih telur ini mengandung senyawa avidin yang menghalangi darah menyerap biotin. Akibatnya, kucing bisa kekurangan vitamin B yang memiliki peranan penting dalam proses pencernaan makanan dan sistem reproduksinya.

Kuning telur mengandung mineral penting, yaitu fosfor, yang berperan dalam menyokong kinerja tulang, gigi, dan sel otot kucing. Jadi, kelincahan kucing Anda juga dipengaruhi oleh asupan telur yang Anda berikan padanya.

3. Susu

Sumber nutrisi ini bisa diperoleh dari induknya, khususnya pada bayi kucing. Tapi, untuk kucing remaja atau sudah beranjak dewasa, minuman ini hanya bisa diperoleh dari luar. Oleh karena itu, Anda bisa memberikannya dari susu khusus kucing atau susu bayi manusia. Hindari susu sapi dan rasa coklat, karena keduanya sulit dicerna usus kucing.

Susu terbaik adalah yang disajikan pada suhu hangat seperti suhu tubuh normal manusia. Suhu ini menyerupai suhu air susu induk kucing yang diberikan pada bayinya saat masa menyusui. Jika Anda tidak memiliki termometer untuk memastikan suhu air susu yang akan diberikan, Anda bisa memasukkannya dalam botol lalu simpan di balik baju atau jaket Anda.

Kandungan terbanyak yang ada dalam susu adalah protein dan kalsium. Keduanya penting untuk tumbuh kembang kucing Anda. Alernatif lainnya, Anda bisa memberi produk turunan susu seperti keju, tapi Anda perlu melihat apakah ada efek sampingnya untuk kucing Anda. Hal ini dikarenakan, kucing tertentu mengalami diare setelah mengonsumsinya.

Jika ketiga sumber nutrisi tersebut sulit diberikan padanya karena alasan tertentu, Anda bisa memberinya vitamin kucing, dry atau wet food. Ketiganya memiliki kandungan yang cukup lengkap untuk membuat kucing tampak fit dan lincah. Tapi, harus diingat, bahwa ketiganya hanya pelengkap untuk camilan, jangan dijadikan sebagai sumber nutrisi utama.

Related Posts

3 Asupan Pokok Harian yang Berpotensi Menjadi Sumber Nutrisi dan Vitamin Bagi Kucing Anda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini