Cara Menemukan Blog Tentang Pendidikan yang Bisa Menunjang Belajar

https://i.pinimg.com/originals/2b/30/1d/2b301d8bd192fd9b2123f476b0fcd694.jpg

Blog pendidikan – Berkat kemajuan internet serta kemajuan teknologi ponsel sekarang belajar online sudah semakin mudah. Kamu tidak perlu bergantung lagi pada komputer untuk bisa mendapatkan materi belajar di internet. Jadi kamu bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Salah satu media internet yang bisa menjadi sumber belajarmu adalah blog tentang pendidikan atau disebut juga edublog.

Edublog adalah blog yang isinya khusus berkaitan dengan pendidikan. Siapa yang membuat blog tentang pendidikan biasanya orang-orang yang bekerja di bidang pendidikan atau yang sedang menempuh pendidikan misalnya guru, mahasiswa, dan murid sekolah menengah, atau institusi-institusi pendidikan seperti lembaga kursus, sekolah, universitas atau dinas pendidikan. Isi dari blog pendidikan juga bervariasi.

Ada yang isinya tentang materi pelajaran atau kuliah, tutorial online, tips-tips belajar, berita terkini mengenai dunia pendidikan, informasi beasiswa atau fakta-fakta menarik yang tidak ada dalam buku pelajaran namun dapat menambah ilmu pengetahuan bagi yang membacanya.

Karena niat kamu membuka blog pendidikan sebagai penunjang belajar, tentu blog yang harus kamu cari adalah blog-blog yang berisikan materi yang sesuai dengan jenjang pendidikanmu. Tapi perlu kamu ketahui bahwa tidak semua blog yang ada di internet memiliki materi yang bagus atau materi yang bisa dipercaya karena kadang-kadang ada saja blogger yang cuma main copy paste saja dari internet tanpa mengecek apakah sumbernya itu scientific atau tidak. Berikut ini cara-cara agar kamu bisa menemukan blog tentang pendidikan yang materinya bisa dikamulkan.

Gunakan mesin pencari
Cara paling mudah tentu saja lewat mesin pencari atau istilahnya googling. Dengan mengetikkan kata kunci materi yang kamu inginkan, kamu akan mendapatkan referensi blog di halaman hasil. Yang perlu kamu perhatikan saat membuka blog-blog ini adalah apakah blogger mencantukan referensi dari mana ia mendapatkan materi tersebut dan tanggal berapa materi tersebut diposting. Jika tidak ada referensi yang jelas misalnya dari buku apa ciptaan siapa, atau dari jurnal ilmiah mana, atau dari seminar ilmiah yang mana, atau tanggal postingnya sudah lebih dari 5 tahun lebih baik kamu tinggalkan dan cari blog lain. Ilmu pengetahuan itu selalu berkembang dan selalu diperbarui. Jadi materi yang referensinya tidak jelas atau yang diposting sudah lama bisa jadi materi tersebut hoax atau materi tersebut sudah tidak lagi dipakai di dunia pendidikan karena sudah ada pembaruannya.

Rekomendasi blogger
Biasanya para blogger akan memberikan rekomendasi tentang blogger lain yang bergerak di bidang yang sama kepada para pembacanya dengan cara mencantumkan linknya. Kalau kamu sudah dapat blog yang materi dan gaya penulisannya cocok dengan selera belajarmu maka besar kemungkinan kamu akan suka juga dengan rekomendasi blog lain yang dicantumkan di sana.

Tanya teman atau guru atau dosenmu
Selain kamu mencari sendiri kamu juga bisa tanya-tanya ke teman atau guru atau dosenmu. Siapa tahu mereka punya rekomendasi blog pendidikan yang tidak kamu temukan di internet. Atau mungkin mereka malah punya blog sendiri yang bisa kamu pelajari.

Aplikasi belajar online
Melihat fakta bahwa hampir semua pelajar sudah menggunakan smartphone maka banyak aplikasi belajar online untuk dioperasikan di smartphone. Aplikasi ini memang bukan berupa blog tapi bisa dibilang tujuannya sama yaitu memberikan informasi yang berkaitan dengan pendidikan. Bahkan ada juga aplikasi yang memiliki website juga jadi pelajar yang tidak puas belajar di layar smartphone yang kecil bisa beralih belajar dengan menggunakan komputer. Selain itu pelajar juga bisa tetap belajar ketika baterai smartphonenya habis.

Tidak susah bukan mencari blog pendidikan yang bisa menunjang belajar? Seperti mahasiswakampus.com yang telah menyediakan konten untuk dunia perkuliahan kamu!

Related Posts

Cara Menemukan Blog Tentang Pendidikan yang Bisa Menunjang Belajar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini