Kiat Merawat Baterai Sepeda Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

Ada berbagai jenis sepeda yang ada di pasaran, termasuk di toko online dan salah satunya adalah sepeda listrik. Sepeda yang menggunakan baterai tersebut memungkinkan Anda untuk bisa bersepeda seperti biasa dan juga bersepeda motor dengan kecepatan yang rendah yang akan memudahkan atau meringankan Anda saat bersepeda misalnya saat melewati jalanan yang menanjak atau sudah menempuh perjalanan yang jauh. Salah satu bagian yang paling vital adalah baterai.
Merawat Baterai Sepeda Listrik

Baterai pada sepeda jenis ini memungkinkan Anda untuk bisa menjalankan sepeda tanpa harus mengayuhnya. Untuk menjaga agar baterai menjadi lebih awet sehingga sepeda bisa bertahan lebih lama, maka Anda harus melakukan perawatan baterai sepeda yang tepat. Pastikan jika Anda mengetahui jenis baterai yang terpasang. Terdapat 4 jenis baterai pada sepeda ini yaitu:

Lead acid baterai yang murah dan umumnya digunakan di CPU namun tidak bisa bertahan lama.
Ni cad yang kemudian berganti menjadi NiMh karena bahan Ni Cad yang berbahaya.
NiMh atau nickel metal hydride yang memiliki kapasitas yang lebih besar dari LAB dan dapat diisi kembali hingga 500 kali.
Lithium yang saat ini paling banyak digunakan. Keunggulannya murah dan perawatan yang mudah.

Setelah tahu jenis baterai, maka Anda harus tahu berapa kapasitas baterai. Hal ini disebabkan karena kesalahan saat mengisi baterai bisa menyebabkan baterai menjadi aus dan tidak bisa bertahan dengan lama. Cari tahu berapa waktu maksimal yang dipergunakan untuk mengisi baterai secara maksimal dengan menggunakan alat yang bisa berfungsi dengan baik sehingga terhindar dari masalah konsleting dan jangan lupa cari tahu, kapan baterai harus digantikan agar sepeda bisa dipergunakan dengan baik dan tidak menyebabkan masalah di komponen yang lainnya.

Terdapat 2 cara untuk mengisi baterai pada sepeda listrik, yaitu:

Mengeluarkan baterai terlebih dahulu dari sepeda. Tempatkan baterai di tempat yang rata dan kemudian gunakan charger yang tepat dan jangan memasangnya dalam keadaan terbalik agar baterai awet. Setelah itu, sambungkan charger ke soket baterai.
Melakukan charging di sepeda. Jangan lupa untuk mematikan mesin dan kemudian cabut kunci sepeda Anda. Setelah itu sambung sambungan listrik controller yang ada pada baterai dan baru menyambungkannya ke songket listrik.

Ketiga adalah hindari jalanan yang menanjak apalagi jalanan yang cukup tinggi naiknya. Jikapun Anda terpaksa melewati jalanan tersebut, maka saat naik sebaiknya Anda mengayuh pedal Anda. Terlalu memforsir baterai yang terpasang di sepeda yang bisa bergerak dengan energi listrik ini justru tidak hanya bisa menyebabkan baterai terkuras habis namun juga baterai yang tidak awet.

Cara yang lainnya untuk merawat baterai dari sepeda listrik agar lebih awet dan tahan lama yaitu:

Jika sudah selesai charging, maka Anda harus segera mencabutnya sehingga baterai tidak kelebihan kapasitas.
Jangan meningkatkan kecepatan secara mendadak terutama saat menghidupkannya. Hal ini disebabkan karena cara tersebut tidak hanya menyebabkan baterai menjadi rusak namun juga bisa mengancam keselamatan Anda saat menggunakan kendaraan tersebut. Jika Anda kerap melakukan akselerasi, maka Anda akan membuat arus listrik mengalir secara maksimal ke bagian controller yang menyebabkan baterai menjadi cepat panas sehingga baterai pada sepeda ini cepat rusak.
Cek sistem pengereman dan cara pengereman Anda agar Anda tetap terjaga dari sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Related Posts

Kiat Merawat Baterai Sepeda Listrik Agar Awet dan Tahan Lama
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini