5 Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game

Ketika hendak membeli laptop, ada banyak hal yang bisa anda pertimbangkan. Salah satunya adalah untuk apa saja laptop tersebut akan anda gunakan. Ini karena setiap laptop memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

laptop gaming

Jika anda ingin membeli laptop yang akan anda gunakan untuk mermain game, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama di spesifikasinya. Jangan sampai anda gagal menginstal game kesukaan anda karena laptop yang anda tidak memenuhi spesifikasi.

Tips Beli Laptop Gaming

Berikut ini beberapa tips memilih laptop untuk bermain game:

1. Prosesor 
Prosesr adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangakan karena akan berpengaruh langsung ke peforma laptop anda saat bermain game. Anda harus memilih prosesor yang tinggi agar anda bisa bermain dengan lancar. Dengan prosesor yang tinggi anda juga jadi lebih bebas memilih game. Bahkan game dengan spesifikasi tinggi pun bisa anda instal.

Prosesor yang cukup terkenal adalah Intel dan AMD. Prosesor intel bagus buat anda yang biasa bermain game dalam jangka waktu yang lama karena lebih hemat daya dan tidak cepat panas. Jika anda memilih laptop game intel, pastikan prosesornya berlabel MQ atau HQ. Jangan gunakan prosesor berlabel U. Selain itu, minimal anda menggunakan Intel Core i5 jika anda ingin game dengan lancar.

Jika anda hendak membeli laptop dengan prosesor AMD, sebaiknya anda menggunakan A10 dan FX Series. Selain itu anda perlu memperhatikan kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angkanya maka semakin baik peforma laptop tersebut.

2. Video Graphic Adapater (VGA)
VGA ini adalah hal yang sangat penting untuk anda yang hendak bermain game dengan grafik yang bagus. Ini karena VGA mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan di layar laptop anda. VGA minimum yang bisa anda pilih adalah Nvidia GT840. Anda lebih baik lagi jika menggunakan Nvidia GTX Series, seperti GTX950, GTX960, GTX970 atau GTX980.

3. RAM
Untuk RAM, anda sebaiknya membeli laptop gaming dengan RAM minimal 4GB. Dengan RAM yang terlalu kecil akan menghambat peforma laptop anda ketika bermaingame. Anda juga bisa memilih laptop dengan slot RAM tambahan agar anda bisa upgrade RAM anda saat anda merasa RAM yang anda miliki membuat peforma game anda kurang baik.

Jenis RAM minimal yang bisa digunakan adalah DDR3. Meskipun begitu, akan leih baik lagi jika anda memilih laptop dengan RAM DDR4.

4. Penyimpanan atau Herdisk
Sebaiknya anda memilih laptop dengan HDD minimal 1TB atau setara dengan 1000 GB. Ini karena game sekarang umumnya memiliki ukuran yang sangat besar hingga bergiga-giga. Anda hanya berniat menginstal satu atau dua game saja sebenarnya HDD dengan 500GB sudah agak mencukupi.. Namun, lebih banyak penyimpanan lebih disarankan karena berpengaruh pada peforma saat bermain game.

Anda juga bisa memiih laptop dengan slot HDD tambahan. Dengan begitu anda bisa menambah penyimpanan ketika laptop anda penyimpanannya sudah terlalu penuh.

5. Baterai
Pilihlah baretai yang cukuat untuk melakukan kerja yang berat karena gaming cukup menguras tenaga baterai. Maka dari itu, hampir bisa dipastikan anda akan boros dalam menggunakan baterai saat bermain game. Terutama jika game tersebut memiliki spesifikasi dan grafis yang besar.

Ada dua jenis baterai, removable (bisa dilepas) dan non-removable (tidak bisa dilepas).  Sebaiknya anda membeli baterai yang bisa dilepas langsung. Ini diperlukan agar anda bisa segera mengganti baterai saat baterai sudah drop atau rusak.

Nah ada baiknya ketika anda beli laptop gaming, carilah promo laptop murah 2018, biar harganya tidak terlalu mahal.

Related Posts

5 Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini