Backpacker ke Bromo? Terapkan 3 Tips ala Backpacker Ini, ya!

Anda mau tour ke Bromo tapi tak punya cukup biaya? Kenapa tidak mencoba cara ala backpacker saja? Tour ke Bromo dengan cara ini pastinya murah. Anda hanya perlu menyiapkan budget terbatas dan perlengkapan seperti jaket gunung. Setelah itu, Anda bisa berkunjung ke Bromo.

Backpacker ke Bromo

1. Kenali Lokasi

Kunjungan ke Bromo sebenarnya bisa melewati berbagai rute semisal dari Kota Malang atau Pasuruan. Bisa juga dari Probolinggo. Tapi, mayoritas wisatawan backpacker memilih menggunakan rute ke Bromo dari Kota Malang.

Jika Anda dari Stasiun, Anda hanya perlu mencari mikrolet yang menuju ke Desa Tumpang. Sesampainya di sana, Anda akan menemui banyak jeep yang menawarkan jasa ke Bromo. Anda bisa memilih salah-satunya. Sayangnya, Anda harus menunggu jeep-nya penuh terlebih dulu baru bisa berangkat. Jadi, alangkah baiknya Anda berangkat bersama teman Anda.

2. Memilih Penginapan

Di kawasan Bromo, ada banyak penginapan murah yang bisa Anda temukan. Jika budget Anda sangat terbatas, Anda bisa menyewa homestay rumah penduduk. Tapi, jika masih ada lebih, Anda bisa menyewa penginapan. Sebaiknya, pilih penginapan yang bisa di¬-booking per kamar. Ini bertujuan untuk lebih menghemat anggaran.

Usahakan ketika datang ke Bromo jangan saat musim liburan. Pada saat ini, harga penginapan sedang tinggi-tingginya. Lagipula, Anda juga harus memesan jauh-jauh hari agar tak kehabisan.

3. Perlengkapan yang Memadai

Persiapkan pakaian anti dingin ketika ke Bromo. Tentu saja karena cuacanya yang sangat dingin. Suhunya bisa mencapai 0 derajat di Puncak Penanjakan. Sediakan jaket gunung, penutup kepala, syal, kaus kaki, dan sepatu gunung untuk melawan hawa dingin ini.

Selain itu, Anda juga harus menyediakan kebutuhan lain seperti konsumsi dan perlengkapan P3K. Anda juga harus memastikan kesehatan Anda dalam kondisi memadai sebelum memutuskan datang ke sini, ya! Ini untuk keselamatan Anda sendiri.

Objek Wisata Bromo

Ada banyak lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Bromo di antaranya adalah Gunung Penanjakan. Gunung ini berada di sebelah barat Gunung Bromo di mana di tempat inilah banyak wisatawan menunggu datangnya sunrise. Dari puncak Penanjakan, Anda bisa menyaksikan indahnya deretan gunung yang terdiri dari Gunung Batok, Bromo lalu Semeru.

Ada juga Kawah Bromo. Untuk mencapai tempat ini Anda harus menyewa jeep. Anda juga masih harus jalan kaki sekitar 1,5 km setelah jeep Anda parkirkan di Lautan Pasir Bromo lalu menaiki 250 anak tangga. Setelah itu, barulah Anda bisa melihat indahnya Kawah Bromo.

Masih ada Savana dan Bukit Teletubies. Ini adalah lokasi wisata di sekitar Gunung Bromo yang berada di sisi timurnya. Anda juga bisa menyewa jeep jika hendak ke sini. Nah, untuk harga sewa, Anda harus membayar Rp100.000,- per orang. Cukup mahal untuk kantong backpacker. Tapi, Anda mau?

Selain kondisi fisik, nyatanya tour ala backpacker membutuhkan serba ekstra bila Anda ingin benar-benar hemat. Di sekitar Bromo sebenarnya ada tempat penyewaan perlengkapan seperti sepatu gunung dan lainnya. Tapi sekali lagi, bila Anda mau hemat. Bawa saja sendiri. Jika tak punya, Anda bisa membeli di Eiger yang menyediakan kebutuhan mendaki Anda.

Related Posts

Backpacker ke Bromo? Terapkan 3 Tips ala Backpacker Ini, ya!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini